Cara Memulai Bisnis di Bali atau di Jakarta: Pendaftaran Perusahaan (PT PMA)

Orang asing diperbolehkan melakukan bisnis di Indonesia dengan membuka LLC, di sini disebut PT. Dimungkinkan untuk membeli tanah dan kendaraan untuk perusahaan, yang tidak dapat dilakukan secara langsung untuk perorangan jika Anda bukan warga negara. Perusahaan juga memberikan kesempatan untuk mendapatkan izin tinggal KITAS, dan ini adalah pembukaan rekening bank yang sederhana, diskon di institusi medis dan fasilitas wisata, multiple entry ke Indonesia. Mari kita bicara lebih banyak tentang perusahaan asing PT PMA.

Apa perbedaan antara PT dan PT PMA?

Baik PT dan PMA adalah singkatan dalam bahasa Indonesia.

PMA (Penanaman Modal Asing) hanya menekankan bahwa setidaknya ada satu orang asing di antara para pendiri, sementara co-founder Indonesia juga dapat hadir.

Fakta bahwa Anda memiliki LLC ( Perseroan Terbatas) dilambangkan dengan awalan PT (Perseroan Terbatas).

Dalam tuturan, PT PMA sering disingkat menjadi PMA. Dokumen hanya menggunakan PT tanpa PMA.

Bagaimana cara membuka perusahaan di Bali atau di Jakarta?

Perlu mengumpulkan semua pendiri untuk menandatangani dokumen notaris. Dimungkinkan juga untuk mendirikan perusahaan dengan surat kuasa tanpa kehadiran di Indonesia.

Langkah pertama adalah mengisi brief untuk pendirian perusahaan, yang akan direview oleh notaris kami. Pendiri dan perwakilan melalui surat kuasa akan diundang ke kantor kami.

Dalam beberapa hari dan perusahaan akan siap.

Anda dapat segera mendapatkan izin tinggal di Indonesia dengan menerbitkan KITAS Investor.

Namun, izinkan kami memberi tahu Anda terlebih dahulu tentang manajemen PT PMA.

Jenis kegiatan apa yang diperbolehkan untuk perusahaan dengan penanaman modal asing PT PMA?

Daftar ini cukup sering diperbarui, jadi tidak ada gunanya menerjemahkannya. Seringkali, kegiatan yang dapat dilakukan oleh banyak orang Indonesia dengan mudah tidak tersedia. Misalnya, salon tata rambut, salon kecantikan.

Jenis kegiatan ekonomi KBLI dipublikasikan di portal departemen OSS yang dikendalikan oleh Kementerian Penanaman Modal. Tidak semua jenis kegiatan dari berbagai kategori dapat dimasukkan dalam dokumen hukum perusahaan. Kami menyarankan Anda untuk memilih aktivitas utama dan tambahan, batasi diri Anda hingga 2-3 aktivitas.

Daftar aktivitas tersedia di link ini.

Jenis kegiatan tidak sama dengan lisensi!

Awalnya, Anda mendeklarasikan sebanyak mungkin aktivitas yang mungkin Anda perlukan. Anda dapat mengubah daftar ini di masa mendatang, tetapi biayanya sekitar 10 juta rupiah. Hal yang sama berlaku untuk mengubah daftar pendiri. Lebih baik memikirkan semuanya terlebih dahulu.

Setiap aktivitas memerlukan lisensi. Banyak lisensi yang dikeluarkan secara gratis. Namun, aktivitas dengan risiko tinggi (menurut undang-undang) membutuhkan pengeluaran waktu dan uang, seringkali memenuhi sejumlah persyaratan kantor tempat perusahaan akan berlokasi.

Bahkan jika lisensi Anda tidak aktif, Anda sudah dapat mulai bekerja. Proses mendapatkan lisensi terkadang memakan waktu hingga beberapa bulan. Terkadang instan.

Perusahaan apa yang paling mudah dibuka di Bali atau di Jakarta?

Konsultasi tentang masalah apa pun, termasuk pariwisata. Anda dapat memulai proyek TI yang tidak terkait dengan keuangan. Baru-baru ini, persewaan sepeda dan mobil telah diizinkan. Tidak sulit untuk membuka agen real estat yang menangani penjualan dan layanan.

Tapi, akan lebih sulit untuk mendapatkan lisensi untuk perusahaan konstruksi.

Jika Anda ingin membuka bursa perdagangan mata uang kripto, Anda akan membutuhkan modal dasar sekitar 100 juta USD dan mendapatkan izin dari regulator keuangan OJK.

Berapa modal minimum untuk perusahaan PT PMA?

Pemerintah Indonesia hanya mengizinkan orang asing untuk membuka perusahaan menengah dengan modal mulai dari 10 miliar rupiah. Perusahaan mikro dengan modal 50 juta rupiah banyak dimiliki orang Indonesia.

Saat mendaftarkan perusahaan, tidak ada yang meminta menunjukkan modal dasar. Selanjutnya, setelah pembukaan perusahaan, Anda akan menyampaikan laporan investasi triwulanan di situs web OSS tentang penggunaan dana tersebut. Ya, pada awalnya diperbolehkan untuk menyampaikan nol laporan, jika kegiatannya belum dimulai, Anda sedang dalam proses mendapatkan izin.

Undang-undang mengasumsikan bahwa investasi akan diterapkan dalam satu tahun, tetapi tidak di mana-mana mengatakan bahwa ada sanksi bagi PT PMA jika hal ini tidak dilakukan!

Departemen OSS secara berkala melakukan inspeksi, mengunjungi bisnis yang beroperasi. Anda tidak perlu takut akan hal ini, mereka memberi nasihat, meminta untuk menghilangkan kekurangan.

Lebih sering daripada tidak, OSS tidak muncul dengan cek di tahun-tahun awal perusahaan. Upaya terakhir, jika laporan penanaman modal tidak disampaikan, adalah pencabutan izin.

Bisakah orang asing bekerja di perusahaan Indonesia?

Ya, tapi pemiliknya sendiri tidak bisa melakukannya. Dia hanya diizinkan untuk melatih staf. Benar, fungsi pendiri bisa diperluas ke fungsi operasional. Kami siap membantu dalam hal ini.

Awalnya, yang terbaik adalah mengandalkan staf Indonesia. Anda dapat mempekerjakan spesialis asing yang sangat diperlukan jika perusahaan Anda mempekerjakan beberapa orang Indonesia. Hubungi kami dan kami akan berjalan di jalur ini bersama Anda.

Tanpa izin kerja, orang asing dideportasi dari negara tersebut.

Berapa lama proses untuk mendapatkan KITAS?

Perusahaan itu sendiri terdaftar dalam beberapa hari, terkadang dalam beberapa minggu.

Proses penerbitan KITAS Onshore (dalam negeri) bisa memakan waktu sekitar 2 hingga 4 minggu.

Proses Offshore lebih cepat, karena visa untuk KITAS diperoleh secara elektronik, prosedur online memakan waktu sekitar 7-12 hari kerja. Kemudian diberikan waktu 90 hari untuk terbang ke negara tersebut.

Anda dapat memulai proses Lepas Pantai selama di Indonesia, kemudian Anda harus meninggalkan negara tersebut dan terbang kembali untuk mengaktifkan KITAS. Lebih mudah membuat visarun seperti itu ke Kuala Lumpur, karena tidak jauh, Anda dapat kembali dalam satu hari. Langkah selanjutnya, dalam waktu 30 hari setelah kedatangan, semua dokumen diserahkan, termasuk Surat Domisili (surat keterangan tinggal) ke kantor imigrasi setempat. Daripada Anda akan mendapatkan KITAS Investor selama 2 tahun.

Proses lepas pantai lebih cepat dan lebih murah dan melibatkan terbang ke dalam negeri dari luar negeri.

Proses Darat hanya dapat dimulai dengan visa B211A yang valid.

Pajak aktivitas PT PMA: akuntan

Selama tiga tahun pertama pendirian perusahaan, Anda berhak mendapatkan pengurangan tarif pajak sebesar 0,5% dari Laba Kotor organisasi. Anda dapat langsung beralih ke pajak reguler, yaitu 11% dari Laba Bersih.

Tarif yang diturunkan dapat dihentikan lebih awal jika Penghasilan Kotor Anda sejak awal tahun melebihi 4,8 miliar rupiah.

Menghitung pajak cukup mudah. Jumlah yang harus dibayar harus dibayar sebulan sekali di situs web pajak, tanda terima dibuat, yang langsung Anda bayarkan di bank online. Juga, setahun sekali, Anda harus mengisi deklarasi untuk beberapa lembar dalam bentuk elektronik, yang diunduh dari akun pribadi layanan pajak yang sama.

Bagaimana agar tidak bingung dalam hal keuangan saat membayar pajak di Indonesia?

Tabel visual telah dibuat khusus untuk Anda:

Gross Income < 4.8 miliar (pajak 0.5%)
Pendapatan Kotor
Pendapatan Utama
Biaya penjualan barang (COGS)
Biaya Penjualan
Pembelian
=Laba kotor

Pembelian – biaya, pengembalian, diskon.

Laba kotorBiaya operasional=Laba Operasi BersihPajak=Laba bersih (pajak 11%)

Biaya operasional – gaji, tunjangan sosial untuk medis dan dana kerja, sewa, listrik, kebersihan, internet, hosting, domain.

Kami merekomendasikan pada awalnya untuk dilayani oleh kantor akuntan lokal, yang, untuk 5-7 juta rupiah per tahun, akan memasukkan data tentang profitabilitas untuk Anda dan mengirimkan STP deklarasi tahunan.

KITAS tanggungan keluarga

Setelah Anda menerima KITAS Investor, Anda dapat “mendistribusikan” KITAS Tanggungan kepada pasangan dan anak-anak Anda yang masih kecil. Jangka waktu maksimum adalah 1 tahun. Lebih cepat dan lebih murah untuk mengatur opsi Lepas Pantai

Gaji karyawan dan dividen, iuran asuransi BPJS

Di bawah kontrak kerja, Anda harus membayar gaji kepada karyawan, silakan lakukan ini dari rekening perusahaan. Anda dapat mengatur penghasilan Anda dalam bentuk dividen dan menarik ke akun pribadi Anda. Lebih baik tidak mengeluarkan biaya sendiri yang tidak terkait dengan aktivitas perusahaan dari akun perusahaan.

Anda dapat membeli cryptocurrency dari akun perusahaan, yang cukup sederhana. Tidak dilarang untuk membayar biaya perhotelan perusahaan, sewa transportasi, membeli furnitur, alat tulis dan peralatan kantor.

Sesuai dengan besarnya gaji, Anda harus melakukan pembayaran sosial ke dana BPJS, menahannya dari pendapatan karyawan. Ada dua dana seperti itu BPJS Ketenagakerjaan (ketenagakerjaan) and BPJS Kesehatan (untuk kesehatan).

Bagaimana jika Anda memutuskan untuk menutup perusahaan?

Ini adalah proses berbayar. KITAS yang diterbitkan atas dasar perusahaan juga tidak berlaku lagi. Ini akan diperlukan untuk melakukan prosedur keluar dari KITAS melalui EPO. Jika peraturan ini dilanggar, visa lain dapat ditolak di masa mendatang.

Apa itu KITAS dan KITAP? Bagaimana cara mendapatkan kewarganegaraan Indonesia?

KITAS adalah izin tinggal sementara di Indonesia. Pendiri PT PMA dapat mengajukan KITAS Investor (dapat terus hidup dengan visa yang berbeda). Lebih mudah bahwa KITAS untuk Investor jenis ini adalah visa jangka panjang dengan banyak entri selama 1-2 tahun. Anggota keluarga Anda bisa mendapatkan KITAS Tanggungan hingga 1 tahun. KITAS tanggungan diperbarui selama 1 tahun, KITAS Investor dapat diperpanjang untuk 1 dan 2 tahun, perpanjangan hingga 5 tahun (termasuk periode awal KITAS), setelah itu Anda bisa mendapatkan KITAP selama 5 tahun, dan kemudian KITAP tanpa batas. KITAP adalah izin tinggal tetap. Selanjutnya, Anda dapat mengajukan permohonan kewarganegaraan Indonesia.

Penting untuk menentukan struktur investor di perusahaan

Pendiri dapat diberikan 3 peran: Direktur Utama, Direktur, Komisaris. Hanya direktur yang berhak menandatangani, komisaris hanya sebagai pengamat. Mungkin ada beberapa orang untuk peran komisaris.

Informasi yang diperlukan untuk mendaftarkan perusahaan PT PMA

Untuk kemudahan pendaftaran perusahaan, kami sudah menyiapkan formulir. Saat mengisi formulir, informasi berikut akan diperlukan:

  • Nama perusahaan (minimal 3 kata),
  • Paspor asing pendiri (dapat dipindai),
  • Saham pendiri dalam rupiah,
  • Alamat perusahaan (seringkali alamat vila Anda diterima jika Anda memiliki proyek Internet, tetapi kadang-kadang Anda mungkin memerlukan setidaknya kantor virtual: biayanya dari 6,5 juta per tahun; kadang-kadang hanya kantor nyata yang cocok),
  • Daftar kegiatan (Anda menyatakan apa yang Anda rencanakan),
  • Alamat tempat tinggal para pendiri ,
  • Nomor telepon perusahaan Indonesia (untuk pemerintah).

Di manakah lokasi pendiri perusahaan masa depan? Pembukaan bisnis jarak jauh

Jika pendirinya ada di Bali, maka semuanya sederhana. Kami akan mengundang mereka ke kantor kami untuk penandatanganan akta pendirian perusahaan, setelah mengisi dan memverifikasi formulir di atas. Pendaftaran perusahaan dilakukan di hadapan notaris kami.

Namun, jika salah satu pendiri tidak berada di Bali, maka ia menandatangani surat kuasa untuk yang akan mewakili kepentingannya, kemudian mengirimkan aslinya melalui pos atau pesawat untuk mempercepat proses. Contoh surat kuasa disusun oleh notaris kami: itu akan menjadi file yang dicetak di atas kertas biasa. Penanda tangan harus mengambil foto selfie dengan paspor dan surat kuasa yang ditandatangani. Surat kuasa berisi data yang juga akan menjadi tindakan pendaftaran perusahaan.

Pendaftaran perusahaan PT PMA

Notaris mendaftarkan akta pendirian perusahaan, menerima nomor pajak.

Penerbitan Investor dan KITAS Kerja di dalam dan luar negeri: langkah, harga, syarat

Pendiri PT PMA dengan modal Rp 10 miliar atau lebih berhak menerima an KITAS Investor untuk jangka waktu 1 atau 2 tahun sesuai pilihan Anda. Namun perlu diingat bahwa konversi KITAS menjadi KITAP setelah 5 tahun hanya dapat dilakukan dengan penyertaan modal di perusahaan sebesar Rp 15 miliar.

Mendapatkan KITAS dimungkinkan di Luar Negeri (ketika Anda berada di luar negeri) dan Dalam Negeri. Bagi yang berlokasi di Indonesia perlu meminta surat rekomendasi dari Kementerian Investasi BKPM. Hal ini dilakukan melalui sistem OSS.

Dimungkinkan juga untuk menerbitkan KITAS dengan proses lepas pantai saat Anda berada di Bali atau di Jakarta. Ini akan memakan waktu 7-12 hari kerja. Kemudian untuk aktivasi KITAS, cukup membuat visarun selama satu hari, misalnya ke Kuala Lumpur dan kembali ke Indonesia. Mungkin ini adalah cara terbaik dalam realitas saat ini.

2. Penyerahan dokumen untuk proses Onshore dilakukan oleh kami di kantor imigrasi Bali atau di Jakarta. Proses Offshore dimulai secara online di website kantor imigrasi utama di Jakarta, namun setelah masuk ke dalam negeri tetap berakhir di kantor imigrasi setempat.

Syarat mendapatkan KITAS Offshore sekitar 1-2 minggu, proses Onshore memakan waktu 4- 6 minggu. Atas permintaan kantor imigrasi, saat menerima Onshore, Anda harus memiliki visa B211A minimal 1-2 bulan atau cadangan perpanjangan, visa on arrival VoA tidak cocok. Proses Offshore dapat dimulai bahkan dengan visa on arrival.

3. Selain KITAS Investor untuk eksekutif perusahaan, ada jug KITAS Kerja untuk tenaga kerja asing. Sebelum mendapatkan KITAS Kerja di departemen imigrasi, pertama-tama diperlukan izin kerja melalui Kementerian Sumber Daya Manusia Indonesia.

Poin pentingnya adalah bahwa untuk setiap orang asing yang dipekerjakan harus ada 5-10 orang Indonesia yang bekerja. Mereka harus memiliki nomor asuransi BPJS, atau jika gajinya kurang dari upah minimum, cukup memberikan kontrak kerja.

Jangka waktu untuk mendapatkan izin kerja di agen kami adalah
1-3 minggu, harga layanan adalah Rp 4,5 juta.